Bill adalah langkah untuk membuat daftar senjata |  KOMENTAR

Istilah “senjata hantu” terdengar menakutkan. Siapa yang menginginkan senjata yang tidak dapat dilacak oleh siapa pun?

Karena itu, Demokrat di Nevada mengesahkan undang-undang pada tahun 2021 yang melarang kepemilikan atau penjualan senjata tanpa nomor seri. Undang-undang federal telah menetapkan bahwa orang yang menjual senjata semacam itu adalah kejahatan, tetapi penghobi masih dapat membuat senjata buatan sendiri untuk penggunaan pribadi.

Undang-undang Nevada melangkah lebih jauh dengan mewajibkan nomor seri pada balok logam yang pada akhirnya dapat digiling dan dibuat menjadi bagian dari senjata. Tujuan yang diklaim adalah untuk memastikan tidak ada penghobi di Nevada yang dapat membuat senjata tanpa nomor seri. Tetapi seorang hakim Nevada memutuskan pada Desember 2021 bahwa sebagian dari undang-undang itu tidak konstitusional dan tidak jelas. Demokrat Legislatif mendorong RUU baru untuk menanggapi putusan hakim. Pemungutan suara di senat negara bagian dapat dilakukan pada hari Senin.

Demokrat mengatakan RUU itu akan membantu mencegah kejahatan kekerasan. Nomor seri “akan membantu memastikan penegakan hukum dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan kejahatan,” kata Jaksa Agung AS Merrick Garland Agustus lalu.

Senjata buatan sendiri telah ada sejak bahkan sebelum Amerika Serikat menjadi sebuah negara, dan membuat senjata dengan peralatan mesin sederhana tidak pernah terlalu sulit. Tetapi sekarang produksi mereka hampir tidak mungkin diatur. Dengan printer logam 3-D, orang sekarang dapat membuat senjata api yang tidak dapat dibedakan dari yang dibeli di toko.

Dan terlepas dari apa yang orang lihat di acara TV seperti “Law & Order”, nomor seri senjata tidak membantu penegak hukum menyelesaikan kejahatan.

Secara teori, ketika penjahat meninggalkan senjata terdaftar di TKP, polisi dapat menggunakan nomor seri untuk melacak senjata tersebut kembali ke pelaku. Tetapi dalam kehidupan nyata, senjata jarang ditinggalkan di TKP, dan beberapa kali, biasanya karena orang-orang bersenjata itu terluka parah atau mati. Dengan hadirnya penjahat dan senjata di tempat kejadian, polisi dapat menyelesaikan kejahatan ini tanpa registrasi atau nomor seri. Dalam kasus yang sangat langka di mana senjata terdaftar ditinggalkan di tempat kejadian, senjata tersebut seringkali tidak terdaftar pada orang yang melakukan kejahatan.

Polisi di yurisdiksi dari Hawaii ke Chicago ke Pennsylvania ke New York telah memiliki registri selama beberapa dekade, tetapi tidak dapat menunjukkan kejahatan apa pun yang dapat mereka selesaikan dengan itu. Kepala polisi Honolulu mengatakan kepada Senat Hawaii bahwa dia tidak dapat menemukan kejahatan yang diselesaikan karena pendaftaran dan perizinan. Kepala itu juga mengatakan petugasnya menghabiskan sekitar 50.000 jam setahun untuk mendaftarkan dan melisensikan senjata. Polisi bisa menghabiskan waktu itu untuk kegiatan penegakan hukum tradisional yang telah teruji oleh waktu. Bahkan seluruh negara seperti Kanada belum berhasil mendaftar.

New York dan Maryland menghabiskan puluhan juta dolar untuk menyusun database pendaftaran yang bahkan berisi “sidik jari” balistik unik dari setiap senjata baru yang terjual selama 15 tahun. Tetapi bahkan negara bagian ini, yang sangat mendukung kontrol senjata, akhirnya menghapus sistem mereka karena mereka tidak pernah menyelesaikan satu kejahatan pun.

Jadi mengapa mendorong begitu keras untuk nomor seri ini pada balok logam? Undang-undang federal melarang pembuatan daftar senjata nasional, tetapi pemerintahan Biden tetap membuatnya. Sejak awal tahun lalu, Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak telah mengumpulkan hampir 1 miliar catatan pembelian senjata api. Itu telah menciptakan basis data digital yang dapat dicari yang berisi 866 juta transaksi, termasuk 54 juta yang dilakukan pada tahun 2021. Maksud nomor seri pada senjata rakitan adalah untuk memastikan mereka akan dimasukkan ke dalam database.

Negara-negara seperti Kanada, Inggris, dan Australia telah menggunakan pendaftaran untuk melarang dan menyita senjata. Tapi mereka tidak sendirian. California, Chicago dan Washington, DC, juga menggunakan pendaftaran untuk mengetahui siapa yang secara legal memiliki berbagai jenis senjata sebelum melarangnya.

Mengetahui siapa yang memiliki senjata akan membantu administrasi masa depan menargetkan penyitaan mereka. Bagaimana lagi Anda menjelaskan kebijakan yang sangat mahal dan tidak memiliki manfaat untuk mengurangi kejahatan?

Ira Hansen dan Jeff Stone adalah Republikan yang bertugas di Senat Nevada. John Lott adalah presiden Pusat Penelitian Pencegahan Kejahatan.

SGP Prize

By gacor88